Kamis, 14 Maret 2013

Resensi Novel "Layar Terkembang"



LAYAR TERKEMBANG


I. Identitas Novel

Judul Novel         : Layar Terkembang
Pengarang          : St. Takdir Alisjahbana
Penerbit              : Balai Pustaka
Tahun Terbit       : 2000
Tebal                  : 166 halaman




Unsur Intrinsik Novel
a.      Tema : Perjuangan wanita
b.      Latar / setting
1.      Gedung akuarium di pasar ikan
2.      Rumah Wiriatmaja
3.      Martapura, Kalimantan Selatan
4.      Rumah Sakit Pacet
5.      Rumah Partadiharja
6.      Gedung permufakatan
c.       Alur : Maju
d.      Sudut pandang : Orang ketiga
e.       Watak Tuti :
1. Seseorang yang aktif dalam berbagai kagiatan wanita
2. Selalu serius
3. Jarang  memuji
4. Pandai
5. Cakap dalam mengerjakan sesuatu.

Unsur Ekstrinsik :

Mengajarkan kepada kita untuk saling menghargai dan peduli terhadap sesama manusia dan terhadap alam. Juga mengajarkan tentang pentingnya pendidikan bagi kita. Karena untuk mencapai tujuan, kita harus memiliki ilmu pengetahuan agar tidak tertinggal dengan orang lain dan mampu bersaing di masyarakat.





II. Layar Terkembang
                  
          Analisis
          Tuti lebih pendiam dalam pembawaan sehari-hari. Hobinya membaca buku dan aktif dalam kegiatan organisasi.  Tuti menyibukkan diri dengan aktif di organisasi. Ia bahkan menjadi wakil organisasi untuk berpidato tentang kemajuan perempuan dalam sebuah kongres. Tuti menyadari bahwa berjuang tak hanya dilakukan dalam sebuah organisasi, tapi juga bisa dengan cara tinggal di desa dan membangun desa itu.
Tuti seorang kakak yang selalu serius dan aktif dalam berbagai kegiatan wanita. Ia bahkan aktif dalam memberikan orasi-orasi tentang persamaan hak kaum wanita. Pada saat itu, semangat kaum wanita sedang bergelora sehingga mereka mulai menuntut persamaan dengan kaum pria.
Tuti menolak cinta seseorang, karena pemuda itu bukanlah idamannya. Sejak itu hari-harinya semakin disibukkan dengan kegiatan organisasi dan melakukan kegemarannya membaca buku sehingga ia sedikit melupakan angan-angannya tentang seorang kekasih. Tuti tidak menolak dan dimulailah pertunangan antara Tuti dan Yusuf. Akhirnya tak lama kemudian keduanya menikah dan hidup selamanya.

Komentar
          Novel Layar Terkembang memberikan arti penting dari sebuah perjuangan dan pengorbanan. Dalam mencapai apa yang kita cita-citakan, kita harus semangat dan tidak mudah menyerah dan pantang putus asa. Sesulit apapun itu kita harus tetap belajar dan bekerja keras. Selain itu, saya menjadi mengerti bahwa sebenarnya wanita juga mampu bersaing dan memiliki hak serta kedudukan yang sama dengan laki-laki. Dari situ kita bisa belajar untuk menghargai wanita dan tidak memandang rendah wanita, kita tidak boleh menjadikan wanita hanya sebagai budak yang bisa kita perintah sesuka hati. Kita harus memberi kesempatan kepada wanita untuk bersaing dan menunjukkan kemampuannya demi mencapai tujuan.
            Dalam menghadapi suatu masalah, kita harus tegar dan jangan mudah menyerah. Kita harus hadapi masalah tersebut dengan usaha, kesabaran, dan berserah diri kepada Tuhan. Kita tidak boleh pasrah dengan kehidupan karena kita yang menentukan kehidupan kita, bukan kehidupan yang menentukan kita. Dan untuk mencapai hal itu, kita harus mempunyai pendirian yang teguh serta semangat untuk mencapai tujuan yang kita cita-citakan.


            Novel ini juga memberikan sebuah arti dari kesetiaan, jika kita mencintai seseorang, kita harus bisa menerima dia apa adanya dan kita harus benar-benar memperjuangkannya. Selain itu, dari novel ini, saya belajar tentang sebuah pilihan. Dimana kita harus memiliki sebuah harapan atau cita-cita dan kita harus berani mengungkapkan apa yang kita cita-citakan itu. Kita juga harus berani dalam berkata tidak untuk sesuatu yang tidak kita sukai karena melakukan sesuatu tanpa ada rasa senang hanya akan membebani diri kita dan tidak akan menimbulkan kebahagiaan.

            Novel ini mengajarkan kepada saya untuk saling menghargai dan peduli terhadap sesama manusia dan terhadap alam. Juga mengajarkan tentang pentingnya pendidikan bagi kita. Karena untuk mencapai tujuan, kita harus memiliki ilmu pengetahuan agar tidak tertinggal dengan orang lain dan mampu bersaing di masyarakat. Dengan memiliki pengetahuan yang luas kita dapat memberikan pengaruh yang sangat besar didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar